5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Posted on

Berbisnis ialah salah satu opsi yang baik dalam perjalanan suksesmu. Tidak gampang memang, membina sebuah bisnis, sebab harus berani memungut risiko dan mengekor perkembangan zaman. Namun, asalkan kita tekun dan update dengan ilmu-ilmu berbisnis, rasanya tak perlu fobia untuk mengawali bisnismu sekarang. Saat ini bisnis yang sedang melejit dan berkembang ialah bisnis online. Di samping nggak perlu mencarter tempat, bisnis online pun lebih gampang menjangkau sekian banyak kalangan dengan luas.

Bisnis Online
Bisnis Online

Tapi supaya bisnismu dapat berjalan lebih fasih lagi, Anda mesti tahu seluk-beluk dalam mengawali bisnis online. Berikut ini, minimal ada lima urusan yang mesti Anda simaklah sebelum mengawali bisnis online.

1. Jual Barang Sesuai dengan Target Market

Buat kita yang baru kesatu kali terjun dalam dunia bisnis, barangkali Anda belum tahu produk apa yang bakal Anda jual. Ada dua opsi yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menilai produk apa yang hendak Anda jual. Pertama, Anda dapat melakukan penelitian kecil-kecilan produk apa yang sangat laris ketika ini, atau Anda dapat mencarinya dengan pertolongan fitur Google Analytics dengan mencari keyword apa yang tidak sedikit dicari orang guna dibeli. Anda dapat mencoba meriset melewati marketplace familiar dengan teknik mengurutkan produk apa yang sangat laris dibeli. Setelah tersebut Anda dapat menjual produk itu dengan menyerahkan sedikit perbedaan unik supaya produkmu dapat lebih diacuhkan oleh calon pembeli.

Anda nggak butuh gengsi bila ternyata produk kecantikan ialah produk yang tepat dijual, meskipun Anda ialah laki-laki. Bisnis bukan mengenai gengsi, namun bagaimana produk Anda dapat laku dan mendapatkan tidak sedikit keuntungan.

Alternatif kedua ialah Anda dapat menjual produk yang memang kita sukai, contohnya Anda suka banget dengan sepatu maka memasarkan sepatu ialah pilihan yang tepat. Anda menyenangi sepatu, pastinya Anda sudah kawakan dan paham dengan sekian banyak jenis sepatu.

2. Produksi Sendiri atau Jadi Reseller?

Setelah menemukan produk yang hendak Anda jual, Anda dapat menilai apakah Anda dapat memproduksi sendiri barang yang Anda hendak jual. Kalau belum mampu, usahakan kita menjadi reseller terlebih dahulu. Anda dapat membeli barang guna dijadikan stock di rumah, atau kita juga dapat memanfaatkan cara drop shipper. Metode drop shipper lebih mudah sebab barang yang pelangganmu pesan langsung diantarkan oleh penjaja yang sudah berkolaborasi denganmu, sampai-sampai Anda nggak butuh mikirin stock barang dan gudang untuk menanam barangnya. Agar kita tahu product knowledge barang yang hendak Anda dropship, usahakan Anda melakukan pembelian dulu sejumlah sample barang guna dipelajari.

3. Persiapkan Media untuk Berjualan Online

Ada tidak sedikit media atau platform yang dapat Anda pakai untuk memasang barang barang-barang Anda secara online. Salah satu yang sangat efektif ialah website karena dapat menampung katalog produk dengan apik dan meningkatkan keyakinan calon pelanggan terhadap brand yang sedang dibangun. Di samping itu, di situs Anda nggak butuh repot menulis orderan sebab sudah terdapat fitur guna pesan otomatis untuk pembeli.

Sosial media laksana Instagram dan Facebook pun efektif untuk menambah brand awareness dan interaksi dengan calon pelanggan. Alternatif lainnya yang dapat Anda gunakan ialah marketplace cuma-cuma seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan beda sebagainya.

4. Konten adalah Hal Yang Sangat Penting

Dalam berbisnis online, Anda mesti berlomba-lomba unik perhatian calon pelanggan dengan konten yang menarik. Konten di sini dapat berupa potret produk yang menarik, gambar banner yang menarik, sampai copywriting yang menciptakan orang tertarik melakukan pembelian produkmu yang terdapat di website, sosial media, atau marketplace.

Anda dapat pelajari urusan tersebut dan menerapkannya sebab saat ini sudah tidak sedikit sekali software dan tools penunjang dalam membuat konten. Kalau kesulitan, tidak boleh ragu untuk mencarter jasa atau membuka lowongan freelance guna membantumu menciptakan konten yang menarik.

5. Jangan Lupa Follow Up Pelanggan

Bisnis online punya keterbatasan, yakni nggak dapat bertatap muka langsung dengan pembeli sampai-sampai ikatan batin antara penjaja dan pembeli akan paling kurang. Bagi menyiasatinya, Anda mesti mengerjakan follow up ke calon pelanggan Anda, contohnya saat terdapat calon pelanggan yang baru bertanya-tanya namun belum melakukan pembelian produk, Anda dapat kembali menanyakan untuk calon pelanggan tersebut setelah sejumlah saat guna mengingatkannya pulang terhadap produkmu. Anda pun wajib membalas setiap chat atau komentar di sosial media bisnis yang menanyakan mengenai produk, sebab mereka dapat menjadi pelanggan setia dan menyimpulkan untuk melakukan pembelian produkmu sebab keramahan dan respon yang baik.

Anda dapat memberikan kejutan laksana ucapan ulang tahun atau hadiah kecil untuk pelanggan setia. Meski nilainya kecil, tapi bakal sangat dominan terhadap bisnis barumu sebab pelanggan tersebut akan merasa paling dihargai dan bakal selalu melakukan pembelian produk di tempatmu tanpa pikir panjang.

Itulah lima urusan yang butuh Anda simaklah dalam membina bisnis online. Semoga bisnis online Anda fasih ya!

Peluang Usaha dan Berita Ekonomi Indonesia. Menyajikan informasi mengenai bisnis, ekonomi, inspirasi bisnis, manajemen, bisnis online, peluang usaha, dan tips wirausaha.