Perlukah Asuransi Mobil untuk Bisnis Rental?

Posted on

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, bisnis penyewaan mobil menjadi bisnis yang sangat menjanjikan belakangan ini. Tetapi, menjalankan bisnis penyewaan mobil bukanlah hal yang mudah.

Ada perhitungan bisnis yang dilakukan, termasuk risiko-risiko yang harus dikelola.

Jika Anda ingin atau sudah memiliki bisnis penyewaan mobil, ini adalah salah satu pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan, apakah memang perlu untuk membeli asuransi mobil rental?

Bukan hanya pemilik kendaraan pribadi yang mengambil polis asuransi mobil. Akan tetapi, banyak juga jasa persewaan mobil yang mengasuransikan mobil rental mereka. Tentu mereka punya alasan sendiri.

Memang mereka harus mengeluarkan biaya operasi tambahan lagi. Selain harus menggaji supir, menyiapkan biaya perbaikan, dan lain sebagainya, mereka juga harus membayar premi asuransi mobil.

Banyak penyewa yang tidak mampu. Pasalnya, memang cukup mahal untuk mengasuransikan mobil rental mereka. Apalagi jika mobil yang mereka rentalkan cukup banyak. Itu artinya butuh budget yang tidak sedikit untuk mengasuransikan semua mobil tersebut.

Jika Anda pemilik rental mobil, apakah Anda percaya begitu saja dengan penyewa?

Menghadapi Idul Fitri, tentu banyak sekali orang yang bakal menyewa mobil Anda. Dan mobil tersebut bisa digunakan berhari-hari untuk mudik ke kampung halaman. Tentu sangat tepat jika Anda akhirnya mengambil polis asuransi mobil.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental?

Coba bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk risiko-risiko tersebut.

Baik usaha Anda masih tergolong kecil ataupun sudah besar yang memiliki banyak sekali mobil. Risiko tersebut sama-sama bisa Anda terima. Karena tingginya risiko yang dapat diterima oleh pemilik bisnis penyewaan mobil, disinilah peran dari asuransi mobil untuk bisnis rental diperlukan.

4 Alasan Perlunya Asuransi Mobil Rental

Ada 4 alasan perlunya asuransi mobil rental jika Anda ingin atau sudah memiliki bisnis penyewaan mobil.

#1 Premi Asuransi Jauh Lebih Ringan Dibandingkan Risiko yang Dapat Anda Tanggung

Jika Anda pernah menghitung atau membeli premi asuransi mobil, tentu Anda mengetahui bahwa premi asuransi mobil biasanya bahkan tidak mencapai 5 persen dari harga mobil yang diasuransikan.

Oleh karena itu, jauh lebih baik jika kita mengalokasikan dan mengeluarkan biaya untuk premi asuransi dibandingkan harus menanggung risiko yang dapat terjadi terhadap mobil rental.

#2 Asuransi akan Meminimalkan Kerugian Anda Jika Terjadi Risiko

Di dalam bisnis penyewaan mobil, mobil merupakan sarana utama untuk mendapatkan keuntungan.

Jika terjadi risiko terhadap mobil yang menyebabkan mobil tersebut tidak dapat beroperasi atau bahkan mobil tersebut hilang, maka penghasilan Anda juga akan berkurang.

Dengan memiliki asuransi mobil, tentu saja kerugian yang ditanggung akan berkurang, karena Anda dapat dengan segera menggantinya dengan mobil yang lain atau membetulkan mobil Anda di bengkel.

Kerugiannya tidak sebesar apabila Anda tidak menggunakan asuransi mobil rental.

#3 Kita Tidak Dapat Mengkontrol Penyewa Mobil

Salah satu alasan mengapa asuransi mobil cukup penting adalah karena kita tidak pernah tahu siapa yang menyewa mobil kita, bagaimana cara dia berkendara, apakah orang tersebut akan menjaga mobil kita dengan baik, dan kemana tujuan penyewa mobil tersebut.

Memang Anda akan mendata para penyewa dan mungkin akan menyaring para penyewa dengan beberapa peraturan di tempat penyewaan mobil Anda, tetapi tetap saja ada hal-hal yang tidak dapat Anda kontrol.

#4 Tidak Ada Risiko atau Bencana Alam yang Dapat Diprediksi

Alasan terakhir ini mungkin sudah Anda ketahui. Selain penyewa yang tidak akan dapat Anda kontrol seluruhnya, risiko atau bencana alam pun tidak akan dapat Anda prediksi kapan dan dimana akan terjadinya.

Hal inilah yang menyebabkan bahwa Anda harus mempertimbangkan secara serius untuk memiliki asuransi mobil rental jika Anda ingin membuka bisnis penyewaan mobil.

Peluang Usaha dan Berita Ekonomi Indonesia. Menyajikan informasi mengenai bisnis, ekonomi, inspirasi bisnis, manajemen, bisnis online, peluang usaha, dan tips wirausaha.