17 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dilakukan di Desa atau Kampung

Posted on

Mungkin ada diantara Anda yang berfikir bahwa usaha yang menjanjikan hanya bagi orang yang bertempat tinggal di kota. Ternyata tidak demikian, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda jalankan di desa. Buktinya banyak kisah sukses pebisnis desa yang bisa Anda baca di berbagai media.

Pendapat yang mengatakan peluang di kota itu lebih baik memang ada yang benar dan ada juga yang tidak. Jika untuk ke jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar memang iya. Biasanya perusahaan bisnis yang besar dan bergaji tinggi sering berada di pusat kota. Di desa atau kampung juga memiliki kesempatan untuk mendapat penghasilan tinggi yaitu dengan membuka usaha sendiri. Asalkan Anda mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

Memangnya ada peluang usaha di desa atau kampung yang menguntungkan? Mungkin begitulah pemikiran sebagian orang. Tidak sedikit orang yang beranggapan hidup di desa itu sulit dan hidup di kota lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan dan uang. Faktanya, untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau membangun usaha sendiri bisa dilakukan oleh orang di desa atau kampung.

Di kota besar peluang usaha yang bisa Anda dapatkan dengan modal kecil tidaklah banyak. Anda yang berdomisili di pedesaan seharusnya sudah mulai melihat peluang untuk mulai mengembangkan usaha di desa. Peluang usaha yang bisa dihadirkan di kampung terbilang cukup banyak dan menjanjikan.

Namun,  terkadang Anda mengalami kendala dengan beberapa hal. Kendala itu antara lain ide atau tentang bagaimana peluang usaha rumahan di desa yang bisa dikerjakan. Simak dan cermati 17 contoh ide peluang usaha di desa atau kampung berikut ini yang mungkin bisa menginspirasi Anda nantinya. Mari cari tahu apa saja bisnisnya.

1. Jualan Pulsa Elektrik

Walaupun di kota besar toko-toko ini sudah mulai berkurang, tapi di perkampungan masih cukup laris. Apalagi masih banyak orang di desa yang belum punya rekening bank. Sekarang hampir merata semua orang memiliki handphone. Bahkan di desa kecil sekalipun, telah banyak yang memanfaatkan alat komunikasi praktis ini. Oleh sebab itu, berjualan pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda bangun.

Meskipun sudah banyak bertebaran kios dan agen pulsa, jualan pulsa elektrik tetap bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk Anda. Anda bisa menjualnya kepada keluarga, tetangga, dan teman. Modal untuk memulai bisnis pulsa berkisar antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Anda tinggal mencari dan memilah agen pulsa yang terpercaya untuk membangun usaha baru Anda ini.

Tidak repot untuk membangun konter pulsa. Dirikan saja di depan teras rumah Anda di kampung. Dengan catatan, rumah Anda harus sering dilalui orang ya.

Agar tidak bingung, kira-kira segini modal awal buat mendirikan kios atau konter pulsa tersebut:

– Etalase kaca ukuran kecil Rp 200 ribu
– Kartu perdana 1 pack Rp 200 ribu
– Deposit Pulsa Rp 600 ribu

Total: Rp 1 juta

Seandainya bisnis ini makin laris seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa sediakan pulsa listrik atau jasa reparasi ponsel. Tapi tugas pertama Anda adalah menjalankan dulu bisnis konter pulsa sampai nyaman.

2. Jual Kue Kecil-Kecilan

Anda hobi membuat aneka macam kue? Mengapa Anda tidak mencoba membuka peluang usaha modal kecil dengan berjualan kue kecil-kecilan? Anda bisa membuat aneka macam kue seperti donat, bolu, onde-onde, klepon, pastel, dan lain sebagainya.

Untuk tahap awal, Anda bisa menitipkan 1-3 macam kue buatan Anda ke beberapa toko atau warung yang menerima titipan. Terus konsisten dan pantau perkembangannya. Jika Anda merasa prospeknya bagus, ada baiknya Anda menambah beberapa macam kue dan memperluas toko yang dititipi.

Modal untuk memulainya tidak banyak. Berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung berapa banyak Anda membuat kue.

3. Jual Makanan Ringan

Makanan ringan atau camilan kering bukan hanya digemari anak-anak. Remaja, orang dewasa, bahkan orang tua juga menyukainya. Permintaan pasar akan makanan ringan atau camilan kering terus berdatangan. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka peluang usaha menjual makanan ringan atau kue kering. Apalagi jika menjelang hari raya.

Beberapa makanan ringan yang bisa Anda buat seperti keripik, rempeyek, kue kering, roti kering, kerupuk, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, silahkan baca resepnya di cookpad.com dan lihat tutorialnya di Youtube.

Untuk urusan modal, butuh sekitar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1 juta tergantung produksi yang diinginkan. Bungkuslah serapi mungkin dan berikan merk agar orang tertarik membeli makanan ringan Anda. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan menitipkannya ke warung atau menjualnya lewat online melalui Facebook, Instagram, dan grup WA. Keuntungan yang Anda rata-rata dapat bisa sampai 50% dari modal yang Anda keluarkan.

4. Warung Makan

Warung makan pasti jadi bisnis kecil-kecilan yang laris jika dikelola dengan benar. Itu karena semua orang butuh makan setiap hari, dan tidak semua orang sempat untuk masak di rumah. Kalaupun masak, mereka bisa saja membeli nasi putih di warung Anda. Mungkin juga hanya membeli lauk-pauk tertentu yang jadi menu andalan di warung Anda.

Waktu pagi hari yang mepet untuk berangkat sekolah dan berangkat kerja membuat orang tidak sempat menyiapkan sarapan. Beberapa makanan bisa Anda sediakan seperti bubur, nasi kuning, soto, pecel, atau lontong sayur. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah Anda untuk berjualan.

Tidak mahal untuk mendirikan warung makan kecil di kampung. Modal untuk memulai usaha ini bisa sekitar Rp 500 sampai Rp 1 juta saja dengan asumsi Anda telah memiliki peralatan dapur lengkap. Anda bisa meraih keuntungan sekitar 30%-40%. Untuk tahap awal, berikan harga yang relatif terjangkau untuk lingkungan tempat tinggal Anda. Semakin banyak yang membeli, tentu keuntungan yang Anda peroleh semakin banyak.

Inilah perkiraan modal awal untuk bikin warung makan di kampung.

– Peralatan masak= Rp 500 ribu
– Peralatan makan= Rp 500 ribu
– Meja dan kursi plastik= Rp 1 juta
– Bahan baku masak harian= Rp 500 ribu
– Biaya lain-lain= Rp 500 ribu

Total: Rp 3 juta

Selain pada pagi hari, jualan makanan pada sore hari bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selepas bekerja, beberapa orang ingin makan camilan untuk bersantai. Peluang tadi bisa Anda manfaatkan dengan berjualan camilan seperti gorengan, roti bakar, martabak, atau jajanan sore lainnya. Membuat mie kuah dan nasi goreng pun layak untuk Anda coba. Anda juga bisa buka warung kopi untuk malam hari.

5. Menjadi Blogger atau Influencer

Dewasa ini, blog dan social media bukan hanya sekedar tempat untuk menyalurkan hobi. Anda bisa menghasilkan uang dari aktivitas tersebut. Telah banyak orang yang sukses menjadi seorang blogger profesional atau content creator dengan penghasilan ratusan juta rupiah.

Memang tidak mudah untuk menghasilkan uang melalui blog dan social media. Butuh waktu dan proses untuk membangun sebuah nama. Namun, jika Anda mau berusaha dan terus belajar. Bukan tidak mungkin blog atau media sosial Anda bisa menghasilkan pundi-pundi dollar.

Modal yang Anda perlukan untuk membuat blog berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta per tahun. Digunakan untuk menyewa hosting dan domain lokal. Jika Anda masih pemula dan tidak memiliki modal sama sekali, Anda masih bisa menghasilkan uang dari aktivitas ngeblog dengan platform blog gratisan seperti blogger.com. Yang penting konsisten!

6. Menjadi Penulis Lepas

Anda tidak mau direpotkan dengan aktivitas blogging atau bikin konten yang banyak menyita waktu? Tidak perlu galau dan risau. Hobi Anda menulis atau membuat konten masih bisa menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas.

Seiring dengan makin banyaknya blogger, permintaan akan artikel berkualitas dan selesai tepat waktu kian tinggi. Peluang usaha menjadi penulis lepas cukup menjanjikan. Anda hanya perlu disiplin, memiliki keahlian menulis, dan sedikit memahami SEO.

Pendapatan yang akan Anda peroleh cukup besar. Menurut Jangka Web, tarif pembuatan artikel untuk bahasa Indonesia mencapai Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per 500 kata. Bisa Anda bayangkan, misalnya Anda menerima pesanan 40 artikel dengan rata-rata 500 kata per artikel. Jika Anda mematok harga Rp 15.000/500 kata, maka Anda bisa mendapatkan uang sebesar Rp 15.000 x 40 = Rp 600.000, sangat menggiurkan bukan.

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan modal minim bahkan tanpa modal. Anda hanya butuh ke warnet atau pinjam laptop keluarga, teman, atau tetangga Anda. Setelah siap bisa langsung menawarkan jasa Anda ke komunitas blogger.

7. Membuat Toko Online Dropship

Apakah Anda suka beraktivitas di media sosial untuk sekedar menulis status atau upload foto? Jika ya, kenapa Anda tidak menjadi dropship saja. Selain Anda tetap bisa nulis status dan upload foto, Anda juga bisa menghasilkan uang.

Keuntungan menjadi dropship adalah Anda tidak perlu menyetok barang sendiri. Anda tinggal mempromosikan produk dari supplier dengan memajang produk tersebut di media sosial milik Anda. Karena Anda tidak menyetok barang, Anda hampir tidak memerlukan modal sama sekali kecuali handphone dan kouta internet. Berapa uang yang akan Anda dapatkan? Tergantung kesepakatan Anda dengan pihak supplier.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat kerajinan tangan. Apalagi jika Anda tinggal didaerah tempat wisata yang banyak dikunjungi turis dalam maupun luar negeri. Anda bisa membuat macam-macam kerajinan tangan seperti souvenir dari kayu, souvenir dari keramik atau aksesoris dari kerang. Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas seperti kaset CD, botol plastik, tutup botol, dan kain flannel untuk membuat kerajinan tangan

Modal yang anda butuhkan untuk memulai usaha ini tidak lebih dari Rp 1 juta. Tergantung kerajinan apa yang akan Anda buat. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan menitipkan hasil karya Anda ke beberapa toko yang menjual barang-barang kerajinan atau Anda membuka lapak sendiri.

9. Budidaya Ternak

Jika Anda memiliki lahan yang luas, membangun usaha dengan modal 1 juta yang bisa Anda kembangkan adalah budidaya ternak seperti ayam, bebek, ikan lele, ikan gabus, dan ikan nila. Usaha ini memang membutuhkan minat dan keseriusan dalam mengelolanya.

Misalnya saja budidaya ternak ikan lele menggunakan terpal. Modal yang harus anda siapkan sekitar Rp 1 juta dengan rincian membeli terpal : Rp 100.000 x 2 = Rp. 200.000, benih ikan lele Rp 150/ekor x 1000 = Rp 150.000. Sisanya Anda gunakan untuk membeli pakan.

Dalam tempo tiga bulan Anda bisa panen. Katakanlah dari 1000 ekor ikan lele yang anda tanam mati sebanyak 100 ekor. Rata-rata per kilo sekitar 8 ekor ikan lele. Maka ikan lele yang Anda panen sebanyak 900 ekor : 8 = 112 kg.

Dengan asumsi harga per kilonya Rp 20.000, uang yang bisa Anda hasilkan adalah Rp 20.000 x 112 kg = Rp 2.240.000. Keuntungan yang Anda peroleh lebih besar dari modal awal. Bayangkan jika anda menanam 5000 ekor. Tentu penghasilan Anda bisa lebih banyak lagi.

Kalau ternak lele butuh banyak air, bagaimana kalau ternak ayam saja? Tentu biayanya masih terjangkau.
Ayamnya ayam kampung ya, jangan ayam negeri. Telur ayam kampung saja diburu kok. Selain bisa jual daging, Anda juga bisa jualan telur. Berikut rincian modal bisnis ternak ayam kampung:

– Kandang ayam: Rp 2,5 juta
– Peralatan ternak: Rp 2 juta
– Bibit ayam: Rp 7 ribu x 100 ekor = Rp 700 ribu
– Pakan dan minum ayam: Rp 3 juta
– Obat dan vitamin: Rp 2 juta

Total: Rp 10.200.000

10. Budidaya Bibit Tanaman

Sama seperti ternak hewan, budidaya bibit tanaman bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda kembangkan. Bibit yang bisa Anda tanam misalnya cabe rawit, cabe keriting, cabe merah besar, tomat, dan terong.

Alokasi modal yang perlu Anda siapkan adalah Rp 1 juta. Sebagian dana digunakan untuk membeli bibit tanaman, pupuk, dan pot kecil. Sisanya untuk biaya transportasi jika Anda siap menerima pesanan. Biasanya orang menjual bibit tanaman per baki dengan harga satu pot bibit tanaman pada kisaran Rp 250 s.d Rp 300.

11. Les Private atau Bimbel

Anda lulusan sarjana pendidikan atau memiliki keterampilan dalam hal mengajar ? Jika ya, keahlian Anda tersebut bisa menjadi peluang usaha membuka bimbingan belajar untuk anak sekolah dasar maupun SMP.

Anda bisa membuka les bimbel di rumah Anda sendiri. Gunakan ruangan yang cukup luas dan settinglah seperti ruang kelas. Uang 1 juta rupiah cukup untuk membuka usaha ini. Modal tersebut Anda gunakan untuk membeli meja, kursi, papan tulis, dan peralatan menulis lainnya.

Untuk biaya les bimbel, Anda bisa menyesuaikan tarif standar di tempat tinggal Anda. Promosikan les bimbel milik Anda dengan menyebar brosur di dekat sekolah. Jika tarif yang Anda tawarkan sedikit lebih murah, mungkin akan banyak orang tua murid yang mendaftarkan anaknya les bimbel ditempat Anda.

12. Jasa Pengetikan

Jika Anda tinggal di lingkungan sekolah atau kampus, peluang bisnis yang bisa Anda bangun adalah jasa pengetikan. Seperti yang Anda tahu, banyak anak sekolah dan mahasiswa yang malas mengetik untuk menyelesaikan tugas maupun skripsi.

Peluang usaha ini tidak memerlukan modal sama sekali jika Anda telah memiliki komputer atau laptop. Tarif yang bisa Anda tawarkan bisa per halaman atau dari jumlah kata. Misalnya saja Anda memasang tarif Rp 2000 per 300 kata.

13. Jasa Penitipan Anak

Sekarang ini, banyaknya pasangan suami istri yang sama-sama bekerja. Hal ini sangat merepotkan seandainya mereka masih memiliki anak balita. Mereka tidak mungkin bergantian membawa anak ke kantor masing-masing.

Pada akhirnya, mereka terpaksa mempekerjakan baby sister untuk menjaga anak mereka. Namun, gaji baby sister tidaklah murah. Data dari situs pembantu.com, gaji baby sister yang sudah berpengalaman bisa mencapai Rp 2.800.000.

Oleh sebab itu, Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Anda bisa menggunakan rumah sendiri untuk memulai usaha ini. Usahakan rumah selalu dalam kondisi bersih dan rapi sehingga para orang tua dengan senang hati menitipkan anak mereka.

Pekerjakan 1 atau 2 orang tenaga tambahan untuk membantu Anda. Tarif yang bisa anda tawarkan antara Rp 1 juta sampai dengan 1,5 juta per bulan. Lama penitipan Anda tentukan mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

14. Toko Sembako

Toko sembako alias sembilan bahan pokok emang jadi tempat belanja andalan bagi para warga desa. Selain itu, toko ini juga bisa dibuka di rumah sendiri. Tidak perlu besar tokonya, yang penting semuanya lengkap. Itu udah cukup untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan ini.

Meski toko Anda bukan toko ritel baju yang mana harus ada display barang dan sebagainya, tapi kebersihan tetap harus dijaga. Kalau tokonya berantakan, yang ada orang malas belanja di toko Anda.

Tertarik mendirikan toko sembako di kampung? Berikut modal awalnya.

– Etalase toko: Rp 1 juta
– Timbangan, kalkulator, kotak uang, dan sebagainya: Rp 900 ribu
– Pembelian barang-barang sembako secara lengkap perbulan: Rp 5 juta

Modal awal: Rp 6,9 juta

15. Warung Sayur Segar

Selain toko sembako, Anda juga bisa buka toko sayur di rumah. Anda tinggal belanja di pasar saja pas subuh, dan jual lagi hasil belanjaan kepada tetangga. Modal usaha ini tentunya bisa saja di bawah Rp 1 juta kalau memang sayur yang dibeli tidak banyak. Anda tinggal gelar lesehan saja, tidak perlu beli rak atau etalase.

Tapi wajib diingat, kalau memang akses ke pasar dari perkampungan itu cukup jauh, mungkin Anda bisa dapat untung banyak. Tapi kalau aksesnya dekat, pikir-pikir lagi untuk jualan sayur. Warga setempat tentunya lebih milih belanja langsung di pasar.

16. Pangkas Rambut

Bisnis pangkas rambut bisa jadi salah satu ide bisnis kecil-kecilan di kampung loh. Asalkan tidak ada pesaing dengan usaha yang beroperasi di wilayah dekat rumah. Ingat film si Doel Anak Sekolahan? Tahu sama adeknya si Doel kan yang namanya Atun. Atun kan mendirikan bisnis salon yang bernama Salon Zaitun. Kebanyakan yang jadi pelanggan Salon Zaitun ya tetangga-tetangga sendiri.

Salon memang sedikit lebih mahal, pasalnya Anda tidak hanya mencukur rambut orang tapi juga mengeramasi mereka. Pastinya Anda harus belanja obat-obat perawatan rambut plus modal kursi keramas.

Biar kata Anda berbisnis tempat pangkas rambut, sebisa mungkin tidak usah meniru pangkas-pangkas rambut pinggir jalan. Coba buat tempat pangkas rambut indoor dan bersih. Pasti laris kok. Berikut rincian modal awalnya.

– Mesin cukur 2 buah Rp 700 ribu
– Sisir rambut 2 buah Rp 20 ribu
– Gunting potong rambut Rp 100 ribu
– Gunting sasak Rp 150 ribu
– Pisau cukur Rp 30 ribu
– Silet isi ulang 20 kotak Rp 45 ribu
– Handuk kecil satu set 180 ribu
– Kap penutup badan dua buah Rp 90 ribu
– Botol Semprot barbershop Rp 30 ribu
– Jepit buaya kecil satu pack (isi 10) : Rp 10 ribu
– Jepit buaya besar satu pack (isi 10) : Rp 15 ribu
– Mangkok sabun / foam dua buah 10 ribu
– Sikat bulu Rp 25 ribu
– Kursi pangkas dua buah: Rp 2 juta
– Cermin besar 2 buah: Rp 2 juta
– Cermin kecil : Rp 50 ribu

Total: Rp 5.455.000

17. Pom Bensin Mini

Terkadang, akses kendaraan ke pom bensin terdekat mungkin terasa jauh. Nah buat mensiasati masalah ini, Anda bisa mendirikan pom bensin mini lewat kemitraan alias franchise.

Pom bensin mini tentu lebih aman ketimbang jual bensin eceran di botol. Jelas aja, pom bensin ini punya booth yang di dalamnya diisi dengan tabung anti pecah. Otomatis, bensinnya tidak bakal tumpah atau tercecer.

Bila tertarik, Anda bisa menjalin franchise dengan Galaxy Pertamini. Paket usaha termurah yang mereka tawarkan adalah Rp 9 juta. Dengan modal sebesar itu kamu bakal dapat:

– Booth Ukuran 68 x 68 x 215 cm
– Drum Kapasitas BBM 210 L (drum)
– Selang 3,5 meter
– Alat ukur 1 buah
– Listrik 30 Watt

Semakin jauh lokasi pom bensinnya dari lokasi stasiun pengisian bahan bakar, tentu semakin untung. Jelas saja karena orang bakal beli bensin di pom bensin mini Anda. Pom bensin ini jelas bisa dilirik sebagai contoh bisnis kecil-kecilan yang menjanjikan.

Kesimpulan

Itulah tujuh belas bisnis kecil-kecilan yang bisa Anda coba di kampung halaman. Walaupun judulnya adalah bisnis kecil-kecilan, tapi seiring dengan berjalannya waktu bisa jadi besar. Coba Anda ingat-ingat bagaimana kisah perjalanan bisnis Bob Sadino. Dulu dia cuma jualan telur ayam negeri, tapi akhirnya bisa punya Kemchick.

Sejatinya, terlepas dari di kampung atau di kota, kalau memang malas ya pasti tidak berhasil. Wong yang rajin saja bisa gagal kok, apalagi yang malas-malasan atau setengah-setengah dalam menjalankan bisnis. Usahakan buat berbisnis di sektor yang Anda kuasai dulu.

Modal kecil bukan halangan bagi anda untuk membuka usaha. Anda hanya perlu usaha dan kemauan untuk membuka usaha sendiri. Cobalah salah satu dari beberapa peluang usaha modal 1 juta diatas untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Modal 10 juta jika dikelola dengan baik bisa menjadi 100 juta. Tapi modal 100 juta jika dikelola secara buruk bisa menjadi 10 juta bahkan bangkrut dan menyisakan utang.

Peluang Usaha dan Berita Ekonomi Indonesia. Menyajikan informasi mengenai bisnis, ekonomi, inspirasi bisnis, manajemen, bisnis online, peluang usaha, dan tips wirausaha.