7 Cara Buat Bisnis Kue Terus Terbayang di Lidah Orang

Posted on

Menangkan hati mereka!

Bisnis kue oleh-oleh terbilang cukup menjanjikan. Alasannya setiap kali ada orang berlibur dari suatu tempat mereka pasti mencari oleh-oleh kue untuk dibawa pulang. Kalau tertarik, Anda bisa mencoba mengembangkan jenis bisnis ini. Tapi sebelumnya, baca dulu tips membuat kue yang enak supaya bisnis oleh-oleh berkembang pesat:
1. Telur harus berada pada suhu ruangan

Hindari menggunakan telur yang berasal dari dalam kulkas. Alasannya telur yang dingin akan sulit mengembang dan hal ini berpengaruh pada rasa kue. Sebaiknya pakai telur yang baru atau kalau harus memakai yang dari kulkas, diamkan dulu sampai suhunya sesuai dengan suhu ruangan.
2. Kenali jenis tepung terigu yang akan dipakai

Kita tidak bisa memakai tepung yang sama untuk kue berbeda. Ada tiga jenis tepung yang harus kamu tahu yakni tepung protein rendah, sedang, dan tinggi. Masing-masing digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Tepung terigu berprotein rendah cocok untuk membuat kue kering. Sementara terigu protein sedang pas dipakai untuk brownies atau bolu. Sementara yang berprotein tinggi cocok untuk mi atau roti.
3. Gunakan bahan berkualitas

Kunci keberhasilan toko oleh-oleh di manapun adalah bahan dasar yang dipakai. Mereka selalu berusaha memakai bahan berkualitas. Karenanya gunakan bahan dari merek-merek terpercaya, seperti misalnya Blue Band Master. Produk ini sudah direkomendasikan oleh para profesional untuk membuat kue yang enak. Campuran antara margarin dan butter dapat membuat kue tidak cuma wangi, tapi juga lembut saat digigit.
4. Mengayak terigu itu penting

Teknik membuat kue yang tak kalah penting adalah proses pengayakan terigu. Tujuan dari proses ini adalah supaya terigu jadi lebih halus. Selain itu pastikan juga terigu berada pada kondisi kering, ya. Karena kalau tidak, terigu akan menggumpal dan ini membuat adonan sulit mengembang.
5. Sudah tepatkah caramu menyimpan kue?

Penyimpanan kue yang tepat juga berkontribusi membuat kue tetap enak saat sampai di tangan pembeli. Kamu tidak boleh menyimpan kue saat masih panas. Tunggu dulu sampai dingin, baru masukkan dalam kotak. Selain itu gunakan kertas roti sebagai alas di dalam kotak. Khusus untuk kue kering, pilih toples yang kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar udara tidak merusak tekstur kue.
6. Tambahkan bahan unik supaya rasa makananmu jadi khas

Keunikan adalah hal esensial jika mau membuat orang selalu ingat kue buatanmu. Karenanya jangan ragu bereksperimen, memakai bahan-bahan tak biasa dalam kue yang kamu buat. Cari referensi dan inspirasi dari berbagai sumber, misalnya seperti website Blue Band Master. Di website ini sudah banyak lho, peserta yang berbagai resep masakan dengan campuran unik. Beberapa di antaranya bahkan sukses menjadi pemenang dalam kompetisi Master Oleh-oleh yang diselenggarakan Blue Band Master. Nah kalau kamu tertantang mengikutinya, bisa banget nih ikutan kompetisi ini. Siapa tahu kamu bisa jadi pemenangnya. Ya, kan?
7. Pakai takaran bahan tepat

Takaran setiap bahan dalam kue tidak boleh dianggap sepele. Pastikan kamu sudah menakarnya secara baik. Jauhkan kebiasaan mengira-ngira, ya. Karena kalau dilakukan akan berpengaruh pada rasa kue buatanmu.

Kunci utama keberhasilan bisnis oleh-oleh yang berbentuk makanan adalah rasa. Karena kalau rasa makananmu nikmat, pasti banyak orang akan kembali lagi. Bahkan biasanya pembeli yang sudah mencoba dan puas mereka akan merekomendasikan pada orang lain. Hal ini tentu menguntungkanmu kan? Jadi jangan tunda lagi terapkan 7 hal di atas, ya!

Peluang Usaha dan Berita Ekonomi Indonesia. Menyajikan informasi mengenai bisnis, ekonomi, inspirasi bisnis, manajemen, bisnis online, peluang usaha, dan tips wirausaha.