Bisnis Online
Bisnis Online

7 Langkah Paten yang Harus Dilalui dalam Membangun Toko Online Sukses

Posted on

Mau bangun toko online sukses? Banyak orang memiliki angan-angan untuk mengawali sebuah bisnis, menjadi Entrepreneur atau Pengusaha. Tetapi banyak yang tidak tahu, langkah apa yang mesti dilaksanakan dan dilewati untuk menciptakan bisnisnya sukses.

Anda hanya semangat pada saat MEMULAI (semangat Just Do It) yang mana memang bagus, daripada Anda hanya memiliki mimpi tanpa mengerjakan tindakan apapun. Tetapi semakin cepat Anda dapat mengindentifikasi langkah atau proses yang mesti dilaksanakan untuk menciptakan bisnis Anda berkembang, maka semakin cepat bisnis Anda bakal berhasil. Ibarat bila Anda telah punya roadmap atau peta, maka bakal lebih cepat untuk Anda guna sampai ke tujuan, dibanding orang yang tidak punya peta.

Bisnis Online
Bisnis Online

Nah, masing-masing industri dan masing-masing bisnis mempunyai roadmap atau langkah yang berbeda-beda. Kadang di suatu industri yang sama sekali baru, sangatlah susah untuk memahami roadmap yang paling jelas untuk menciptakan bisnis itu berhasil. Itulah tugas Anda sebagai Entrepreneur atau Owner dari bisnis Anda yakni secepatnya memahami roadmap atau langkah yang mesti dilaksanakan untuk menciptakan agar bisnis Anda berhasil.

Untunglah di industri toko online atau online shop atau pun sering dinamakan E-Commerce, roadmap dan langkah yang perlu dilaksanakan untuk sukses telah jauh lebih jelas sebab ini ialah sebuah industri yang telah berkembang semenjak tahun 1994 (jaman ketika Amazon.com mulai berdiri). Berdasarkan pengalaman dari banyak pemilik toko online, mereka mengkonfirmasi bahwa terdapat 7 langkah yang butuh Anda kerjakan untuk menciptakan bisnis toko online yang sukses.

Itulah yang akan dibicarakan di tulisan ini, suatu roadmap yang mengandung 7 langkah atau 7 hal yang wajib Anda lalui untuk membangun bisnis toko online yang sukses. Semakin cepat Anda mengerti, menguasai, dan mengerjakan setiap langkah ini, maka semakin cepat bisnis Anda bakal berhasil.

1. Menentukan Produk yang Tepat untuk Dijual

Biasanya ini merupakan tahapan yang dianggap sepele oleh orang yang akan memulai jualan secara online. Mereka mendapat gagasan untuk memasarkan sebuah produk atau mereka ditawari rekan untuk menjualkan produknya secara online. Lalu mereka hanya jualan produk tersebut tanpa melirik yang lain.

Tetapi tahukah Anda, biasanya tahapan ini yang membuat bisnis seseorang tidak berkembang. Mereka memasarkan produk yang tidak tepat.

Sell what People want to buy, NOT, sell what You want to sell

Jual sesuatu yang Orang ingin beli, BUKAN jual sesuatu yang Anda ingin jual.

Prinsip ini sangat penting untuk dimengerti, biasanya kegagalan terjadi karena tidak mengerjakan tahapan kesatu ini dengan benar. Ketahuilah apa yang ingin ditelusuri dan dibeli orang secara online sehingga upaya Anda bakal jauh lebih ringan, dibanding Anda berjuang untuk memasarkan sesuatu yang tidak ditelusuri atau dibeli orang secara online.

2. Mendapatkan Supplier Terbaik dari Segi Kualitas, Harga dan Servis

Setelah menilai produk yang tepat untuk dijual, langkah berikutnya ialah mendapatkan supplier atau pemasok barang yang terbaik dari sisi kualitas, harga, dan servis. Kalau Anda kebetulan pabrik atau produsen dari produk yang Anda jual, ya berarti Anda tidak perlu terlampau pusing dengan langkah ini. Tetapi untuk yang memasarkan produk hasil buatan pihak lain, penting sekali Anda memilih supplier atau pemasok barang yang tepat. Seringkali Anda tidak dapat membeli langsung dari pabrik sebab quantity yang Anda ambil masih terlalu kecil.

Nah mesti dinyatakan untuk mengejar supplier yang terbaik, memang kadang butuh waktu dan coba-coba. Yang pasti, tidak boleh pilih supplier melulu karena mereka menawarkan harga sangat murah. Supplier ialah partner bisnis Anda. Jadi pilihlah dengan bijak.

Pilihlah supplier yang menyimak kualitas barang yang dipasarkan (asli atau tidak), memasarkan dengan harga grosir (tidak mesti sangat murah) dan servisnya bagus (dari teknik packing rapi, tidak gampang rusak dan andai ada kehancuran atau komplain, gampang untuk disuruh cari solusi). Dan di antara tips urgen di langkah ini ialah punya lebih dari satu supplier. Jangan bergantung dengan satu supplier sampai-sampai hidup matinya bisnis Anda tidak bergantung 100% pada satu pihak.

3. Membuat Website dengan Konversi Tinggi

Banyak orang yang mengawali bisnis toko online hanya konsentrasi ke langkah ini, membuat situs toko onlinenya. Padahal ini hanya salah satu langkah dan masih langkah ketiga. Anda butuh website sendiri dan tidak boleh mengandalkan jualan hanya di Facebook, Instagram, atau Marketplace.

Pada prinsipnya terdapat dua jenis website toko online yang efektif yang dapat Anda buat sebagai bisnis toko online Anda. Apapun jenis situs yang Anda buat, yang urgen dan Anda mesti memikirkan bahwa situs Anda wajib high conversion atau konversi tinggi. Apa maksudnya?

Website Anda mesti lumayan sederhana, mudah dipakai dan dimengerti oleh pengunjung sehingga penjualan jadi gampang terjadi. Terutama market di Indonesia masih banyak yang ingin cara yang lebih simpel dalam berbelanja. Sekadar membuat website, dengan membuat website yang high conversion merupakan dua urusan yang berbeda. Gunakan suatu template situs yang telah terbukti high conversion supaya memudahkan terjadinya penjualan.

4. Mendatangkan Pengunjung Tertarget ke Website Anda

Setelah memilih produk yang tepat, menemukan supplier yang terbaik, dan mempunyai website yang high conversion, tidak sedikit orang kemudian berhenti dan menantikan order masuk. SALAH BESAR! Anda baru setengah jalan,, jika berhenti hingga tahapan ketiga tersebut. Justru langkah keempat yakni mendatangkan pengunjung tertarget lah yang bakal menjadi penentu apakah Anda bakal mendapatkan penjualan atau tidak.

Perhatikan kalimat ini : pengunjung yang tertarget bukan sekadar pengunjung yang banyak.

Banyak orang beranggapan asal websitenya dikunjungi oleh banyak orang, maka otomatis akan banyak terjadi penjualan. Salah lagi! Anda tidak perlu memiliki banyak pengunjung ke situs Anda untuk mendapatkan banyak penjualan, yang penting ialah pengunjung yang tertarget dengan baik.

Memang butuh proses pembelajaran yang lumayan panjang supaya Anda dapat mendapatkan sumber pengunjung tertarget dari sekian banyak sumber semacam Google, Facebook, dll. Akan tetapi Anda tidak boleh khawatir, satu per satu dipelajari secara bertahap, lama kelamaan bakal dikuasai juga.

5. Melakukan Proses Terima Order dan Pengiriman

Ini langkah yang menyenangkan, terima order dan mengerjakan pengiriman. Pada langkah ini Anda bakal belajar bagaimana menangani order yang masuk secara efisien. Tidak seluruh orang yang order akan melakukan pembayaran. Oleh sebab itu, Anda mesti belajar bagaimana men-closing order, mengerjakan follow-up, dan membuat customer melakukan pembayaran.

Setelah dibayar, proses packing barang dilakukan. Nah terdapat lagi hal yang wajib dipelajari di sini yakni bagaimana mengerjakan packing dengan baik sehingga barang tidak bobrok dan selamat hingga tujuan.

Hal-hal semacam ini kadang memang hanya dapat Anda pelajari ketika Anda telah melakukannya. Anda wajib menikmati proses belajar ini, sebab, suatu hari bukan Anda yang melakukannya namun tim Anda. Agar tim Anda dapat mengerjakannya dengan baik, Anda mesti memahami terlebih dahulu dan mengajarkannya.

6. Mengembangkan Tim dan Sistem Operasional

Nah ketika bisnis Anda semakin berkembang, setiap hari Anda telah menerima cukup banyak order, tiba saatnya bagi Anda untuk mulai me-rekrut “kesebelasan” untuk membantu operasional bisnis toko online Anda. Anda dapat mulai dari satu orang dulu, kemudian dua orang, dan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Di langkah ini, Anda butuh belajar bagaimana me-rekrut “kesebelasan” dan staf yang tepat.

Prinsip yang mesti dipegang: Hire Slow Fire Fast yaitu ketika proses rekrutmen pilihlah dengan baik dan hati-hati, tetapi bila ternyata tidak cocok, segera mungkin dilepas. Akan tetapi, yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula biasanya ketika rekrut mudah sekali, tidak dipilih dengan baik. Setelah bergabung dan tidak cocok, justeru tidak segera dilepas sampai-sampai akhirnya menjadi penyakit untuk seluruh tim.

Saat Anda membina tim, yang wajib Anda kerjakan juga ialah mulai membina sistem operasional yaitu formalitas dan langkah-langkah yang baku dan usahakan tertulis dalam mengerjakan segala proses di dalam bisnis toko online Anda. Hal ini akan membuat tim Anda jadi tahu apa yang Anda harapkan dan apa yang mesti mereka kerjakan dalam menuntaskan suatu task.

Di bisnis toko online yang kami bangun, terdapat SOP (Standard Operating Procedure) untuk tidak sedikit hal yang rutin dilaksanakan seperti untuk pendaftaran order, meningkatkan produk di website, menciptakan website baru dan lainnya. Hal ini pun sangat menolong Anda sebagai owner, ketika ada staf baru yang masuk, Anda bakal lebih mudah menyerahkan training sebab sistem operasionalnya telah ada. Tidak mesti sampaikan dari nol lagi.

7. Melakukan Berbagai Strategi untuk Meningkatkan Omset

Nah setelah mengerjakan 6 langkah sebelumnya, seharusnya bisnis Anda sudah dapat berjalan sendiri. Anda sebagai owner jadi tidak tercebur operasional harian lagi sampai-sampai Anda jadi mempunyai waktu dan benak untuk memikirkan urusan yang PALING PENTING. Apa itu? Yaitu strategi untuk menambah omset Anda.

Inilah yang seharusnya dilaksanakan oleh empunya bisnis toko online, strategi guna mengembangkan bisnis, menambah omset penjualan, membina tim dan hal-hal High Level Thinking laksana itu. Bukan justeru pegang HP untuk tolong terima order, tolong packing atau tugas-tugas operasional harian yang seharusnya telah dihandle sepenuhnya oleh kesebelasan Anda.

Ada strategi utama yang seringkali dilakukan oleh perusahaan retail besar untuk menambah omset mereka secara exponential. Anda mesti misal strategi mereka itu! Oleh karena itu, Anda sebagai owner bisnis, usahakan telah lepas dari operasional harian supaya mempunyai waktu dan energi untuk beranggapan dan meng-implementasi sekian banyak strategi pengembangan bisnis ini.

Masih Mau Bangun Bisnis Toko Online?

Setelah menyaksikan roadmap atau langkah diatas, saya yakin Anda jadi lebih jelas dengan apa yang mesti dilaksanakan untuk membina bisnis toko online yang sukses. Lebih baik Anda tahu apa yang mesti Anda jalani kini daripada tidak tahu sama sekali.

Dalam membina bisnis toko online, Anda tidak boleh merasa minder dulu, konsentrasi saja dulu ke tahapan kesatu, setelah tersebut langkah kedua, ketiga dan seterusnya. Jadi konsentrasi pada progres secara bertahap. Tidak terasa nanti bakal sampai juga.

Jadi kesimpulannya, Anda butuh belajar memilih produk yang tepat, memilih supplier yang terbaik, menciptakan website high conversion, menyebabkan pengunjung tertarget, menghandle order dengan efektif, membina tim sampai mengembangkan bisnis Anda.

Peluang Usaha dan Berita Ekonomi Indonesia. Menyajikan informasi mengenai bisnis, ekonomi, inspirasi bisnis, manajemen, bisnis online, peluang usaha, dan tips wirausaha.